Kegiatan Program Edukasi E-waste Collection dari Bank Sampah Mengajar

Duri-Sabtu (23/09/23), SMK Negeri 1 Mandau mengadakan kegiatan edukasi E-waste Collection bersama Bank Sampah. Kegiatan ini dilaksanakan setelah senam pagi di lapangan monas SMK Negeri 1 Mandau. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru dan staff SMK Negeri 1 Mandau.

Pada kegiatan ini, narasumber menjelaskan pengertian dari E-waste, serta memberikan edukasi mengenai zat berbahaya yang terkandung di dalam sampah elektronik. Sebelumnya, siswa beserta guru juga telah membawa barang-barang elektronik bekas dan dikumpulkan bersama.

E-waste di Indonesia merupakan salah satu limbah terbanyak di dunia (Source: Statistika). Oleh sebab itu kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi wawasan terhadap siswa bahwa limbah elektronik termasuk salah satu jenis limbah yang berbahaya. Kandungan di dalam limbah elektronik ini dapat merusak lapisan atmosfer apabila dilenyapkan dengan proses pembakaran.

Maka dengan adanya kegiatan ini, seluruh siswa dan guru dapat mengumpulkan E-waste tersebut, untuk dilakukan daur ulang lebih lanjut. Beberapa sampah yang masih dapat diperbaiki tentu akan dilakukan perbaikan agar dapat digunakan kembali. Sedangkan yang tidak dapat diperbaiki akan dilakukan proses daur ulang. Tidak semua pihak dapat melakukan daur ulang, hanya perusahaan dengan izin khusus yang dapat melakukannya.